24 Jul 2013

"Birokrasi"

Siapa yang suka berurusan dengan Birokrasi? Saya yakin banyak yang tidak suka.
Birokrasi berasal dari kata bureaucracy yang dapat diartikan sebagai suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada ditingkat bawah dari pada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya administrasi. Akan tetapi hal ini sering dijadikan lahan basah untuk meraup keuntungan, dengan melempar kesana sini, ke bagian satu ke lainnya dan biaya pungli yang sering diterapkan. Budaya!





Ada kejadian lucu yang saya dan Ibu saya alami hari ini. Hendak mencari SKL (Surat Keterangan Lulus) SD Ibu saya yang hilang, kita harus mencari surat kehilangan di Kantor Polisi + Publikasi di Koran yang kemudian kita bawa potongannya untuk mendapat surat keterangan dari sekolah bersangkutan, kemudian barulah diurusi oleh petugas UPT, kemudian TTD ke Ketua UPT yang entah dimana orangnya. Begitulah sekiranya yang diinstruksikan petugas UPT.
Semua syarat masih bisa dipenuhi, tapi lucunya saya tanyakan no HP Ketua, semua pada bilang tidak tau, tidak punya HP? Dari awal datang, entah sudah beberapa kali petugas bilang "Saya sih ga ingin memberatkan atau memperibet, tapi..." .
Jangan-jangan para birokrat punya KBBI (Kamus Besar Birokrasi Indonesia).

"Saya sih ga ingin memperberat atau memperibet, tapi..." = Saya butuh pelicin "uang"
"TTD" = Tolong Tinggalkan Duit dahulu.

Not sure if "Birokrasi" or "Badan Intern Koruptor Seluruh Indonesia". Salam!


0 comments:

Post a Comment

 
;